Sepuluh Jembatan Paling Panjang di Dunia


Rekan Serunique.com, Indonesia sebentar lagi boleh bangga punya Jembatan Suramadu yang sangat panjang (5 KM lebih), namun bila dibandingkan dengan jembatan panjang lainnya di dunia, ternyata ada jembatan lain yang jauh lebih panjang. Dan hebatnya, beberapa jembatan terpanjang di dunia berada di negeri China. Jadi jangan heran kalau sejak studi kelayakan hingga pelaksanaan proyek, para insinyur dari China banyak berperan dalam proyek Jembatan Suramadu.

Ada beberapa versi daftar jembatan terpanjang di dunia. Ternyata definisi jembatan itu sendiri berbeda. Menurut versinya wikipedia, jembatan terpanjang di dunia adalah Bang Na Expressway di Thailand yang panjangnya mencapai 54 KM. Sementara versi lain memasukkan sebuah jembatan kedalam daftar terpanjang hanya bisa keseluruhan ruas jembatan berada diatas air. Nyatanya Bang Na Expressway sebagian besar  panjangnya berada didaratan dan lebih cocok disebut sebagai viaduct dibandingkan dengan jembata.
Bila yang dimaksud adalah jembatan dengan keseluruhan ruas berada di atas air, maka daftar 10 jembatan terpanjang di dunia adalah :

10. Seven-mile bridge, Panjang 10.887 M menghubungkan antara Teluk Meksiko dengan daratan di Florida Amerika Serikat.

9. San Mateo – Bridge Hayoard, Panjang 11.265 M, melintasi teluk California, San Franscisco Amerika.

8. Union Bridge, Panjang 12.900 M, menghubungkan antara pulau Prince Edward dengan dataran New Brunswick di Kanada.
7. Rio Bridge – Niteroi, Panjang 13.290 M, Menghubungkan kota Rio de Janeiro di Brazil dan Niteroi.
6. Penang Bridge, Panjang 13.500 M, menghubungkan antara Pulau Penang dan daratan Malaysia.
5. Vasco da Gama bridge, Panjang 17.200 M, jembatan terpanjang di daratan Eropa yang melintasi sungai-sungai di kota Lisbon Purtugal
4. Chesapeake Bay Bridge, Panjang 24.140 M, melintasi teluk Chesepake di Maryland Amerika.
3. King Fahd Causeway, Panjang  M, melintasi bendungan yang menghubungkan antara Saudi Arabia dan Bahrain.
2. Bridge donghai, Panjang 32.500 M, Jembatan terpanjang di Asia dan juga jembatan terpanjang yang melintasi lautan, terletak di Shanghai China.
1. Lake pontchartrain, Panjang 38.420 M terdapat di Lousiana New Orleans, Amerika.
Sejalan dengan pembangunan disetiap negara yang begitu cepat, maka tentunya daftar diatas akan berubah dalam tahun-tahun mendatang. Sebagai contoh, kandidat untuk jembatan terpanjang akan segera dipecahkan oleh The Beijing-Shanghai Express Railway yang panjangnya mencapai 164 KM. Selanjutnya sebagai negara kaya minyak, maka Qatar dan Bahrain juga akan membangun jembatan yang diberi nama Qatar Bahrain Bridge dengan panjang mencapai 40 KM.

Sementara itu untuk Jembatan paling luas dan paling lebar di dunia ada di Sydney harbor bridge, Australia. Terdapat 16 jalur mobil, 8 jalur di tingkat bawah dan 8 jalur di tingkat atas. Sumbernya


Semoga artikel di atas tentang Sepuluh Jembatan Paling Panjang di Dunia akan menjadi bahan pengetahuan, pengalaman dan hiburan bermanfaat untuk anda. Jangan lupa ikuti artikel-artikel terbaru saya melalui Twitter @muktiplaza, Facebook di Facebook dan Google Plus di  +Mukti Effendi

Mukti Effendi

Pageviews

Statistik Blog

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net