Tips: Berkendara yang Aman

sumber: forum.indowebster.com

Sobat blog Unik dan Aneh, baru saja kita dikejutkan dengan kabar meninggalnya Ustadz Jefri al-Buchori, atau yang lebih kita kenal dengan panggilan Uje, akibat kecelakaan tunggal yang terjadi kemarin, 26 April 2013 dini hari. Menurut penelitian, salah satu penyebab kematian terbanyak adalah akibat kecelakaan lalu lintas, terutama pengendara kendaraan bermotor roda dua. Tentu saja hal ini dapat dihindari dengan meningkatkan kewaspadaan dan kepatuhan berlalu-lintas.

Yang paling perlu diingat, selalu mengendarai motor maupun mobil dalam keadaan kesadaran penuh.


Pesan tersebut disampaikan oleh seorang dokter konsultan spesialis bedah dari RS Pelni Jakarta, dr. Firdaus Saleh, Sp.B(K), saat dihubungi detikHealth. Beliau juga menyampaikan beberapa pesan agar selamat dalam berkendara, diantaranya:
  • Jangan berkendara dalam keadaan mabuk/setelah mengkonsumsi alkohol.
  • Jangan berkendara saat tubuh dalam keadaan kurang sehat/sedang sakit.
  • Gunakan alat pelindung diri yang lengkap, seperti helm berstandar SNI.
  • Kendalikan emosi saat sedang berkendara, karena orang yang sedang marah akan cenderung mengendarai kendaraan dengan asal dan kecepatan tinggi, sehingga beresiko membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lain.
  • Jangan menggunakan gadget atau sekedar mengangkat telepon saat berkendara karena akan mengganggu konsentrasi.


Selain faktor pengendara, kondisi jalanan yang sepi juga seringkali memicu pengendara untuk menambah kecepatan kendaraan.

Biasanya korban sebelumnya akan merasa jalanan sepi sehingga ngebut, padahal bias-bisa ada kendaraan lain yang lewat sehingga ia kaget dan rem mendadak.

Selain itu, dr. Firdaus juga menyatakan bahwa cedera yang paling beresiko menghilangkan nyawa seseorang akibat kecelakaan lalu lintas diantaranya adalah benturan keras di kepala, perdarahan organ dalam, dan patahnya tulang rusuk yang dapat melukai organ vital di rongga dada seperti jantung dan paru-paru.

Oleh karena itu, sobat seru harus selalu berhati-hati, selalu berdoa sebelum berkendara, patuhi rambu-rambu dan aturan lalu-lintas, dan ingat bahwa keluarga sobat seru menunggu di rumah. 

(dikutip dari detikHealth)

Pageviews

Statistik Blog

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net