Berita Unik dan Aneh

Blog Berita Aktual, Unik dan Aneh

BETAPA Dahsyatnya Tawakal Pada Allah, COBA AJA !!!

Advertisement
loading...
Tawakal bukan sekedar pasrah, tapi ibadah hati yang paling penting karena ia adalah konsekuensi keimanan. Dengan tawakal, insya Allah kita dekat dengan pertolongan Allah SWT.

Ilustrasi Tawakal ( Foto @U-Report )

Dalam istilah syariat, tawakal adalah kesungguhan hati dengan bergantung secara total kepada Allah SWT dengan dibarengi usaha nyata dan keyakinan penuh bahwa Allah adalah maha segalanya. Allah memerintahkan rasul-Nya dan sekalian hamba-Nya untuk beribadah dan bertawakal kepada-Nya. Sebagaimana firman-Nya, yang artinya, "Maka sembahlah dia dan bertawakallah kepadanya dan sekali - kali Rabbmu tidak lalai dari apa yang kamu kerjakan," (QS Hud : 23).

Hakikat tawakal adalah ketika hati bergantung penuh kepada Allah SWT disertai dengan usaha nyata, tetapi hati tidak hanya bergantung pada usaha tersebut. Usaha nyata tidak menafikkan tawakal kepada Allah karena usaha adalah bukti dari tawakal itu sendiri.

Rezeki yang dikaruniakan kepada manusia hanyalah jatah yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. Setiap mahkluk tidak akan mati sebelum dia menghabiskan jatah rezekinya. Manusia hanya ditugaskan untuk berusaha dan dilarang berpangku tangan, Setelah berusaha, kewajibannya adalah tinggal tawakal.

Kalaulah manusia telah mendapatkan rezeki, maka tugas selanjutnya adalah bersyukur. Kalau tidak, dia harus bersabar, namun tetap tidak meninggalkan takwa. Dalam mencari rezeki, tawakal adalah senjata yang ampuh.

Sebab, Allah berjanji, siapapun yang bertawakal penuh kepada Allah, maka dia akan mencukupinya. Allah berfirman yang artinya, "Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya dia akan mencukupkan (keperluan)-nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap - tiap sesuatu," (QS At-Thalaq : 3).

YAKIN PADA ALLAH

DAlam bertawakal, ada tuntutan yang patut kita laksanakan, yaitu keyakinan kepada Allah. Sepenuhnya yakin dengan apa yang dimiliki Allah yang tidak dimiliki oleh manusia. Harus ada keyakinan bahwa Allah pasti berbuat baik sehingga seseorang tidak pernah berputus asa, selalu beramal saleh mengharapkan kebaikan dari Allah SWT.

Tawakal juga sebagai perwujudan harapan yang tinggi dan bukan sebuah keputusasaan. Putus asa dilarang oleh Allah dan merupakan tabiat orang - orang kafir. Ciri khas seorang mukmin adalah optimisme yang tinggi. Optimis meraih janji - janji Allah karena tidak mungkin bagi Allah mengingkari janjinya.

TAWAKAL DALAM BEKERJA

Tawakal itu kita lakukan sepanjang hidup, sepanjang hari. Terutama, ketika melakukan sebuah pekerjaan. Kita bertawakal kepada Allah sebelum melakukan pekerjaan ini dengan harapan Allah memberi kita kekuatan dan petunjuk agar bisa melaksanakannya dengan baik.

Kita bertawakal kepada Allah saat melakukan sebuah pekerjaan, dengan keyakinan bahwa kita tidak bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut tanpa bimbingan Allah dan berharap agar Allah selalu mengarahkan diri kita ke arah yang baik selama melakukan pekerjaan tersebut.

Bertawakal kepada Allah di akhir pekerjaan adalah dengan menyerahkan seluruh hasilnya kepada Allah. Inilah usaha yang bisa kita lakukan, berharap semoga dapat bermanfaat dan Allah menerima ini sebagai sebuah amal kebaikan.
loading...


Demikianlah Artikel BETAPA Dahsyatnya Tawakal Pada Allah, COBA AJA !!!

Sekianlah artikel BETAPA Dahsyatnya Tawakal Pada Allah, COBA AJA !!! kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya. Anda penulis/blogger punya berita menarik silahkan kirim ke kami di : muktiplaza.online@gmail.com tulisan/beritamu akan kami tayangkan di www.serunique.com ini

Anda sekarang membaca artikel BETAPA Dahsyatnya Tawakal Pada Allah, COBA AJA !!! dengan alamat link http://www.serunique.com/2017/02/betapa-dahsyatnya-tawakal-pada-allah.html
Bagikan Berita Seru ini Via :
+
 
Template By Kunci Dunia