Berita Unik dan Aneh

Blog Berita Aktual, Unik dan Aneh

OMG ! Heboh, Alquran Raksasa Bertinta Emas

Advertisement
loading...
Solo memiliki Alquran raksasa yang memukau. Hebatnya lagi, ayat - ayat dalam Alquran berukuran 150 cm x 250 cm dan tebal 250 cm ini ditulis dengan tinta emas. Bagaimana keunikan lainnya ? Sumber : http://ceramahbersama.blogspot.co.id

Alquran Raksasa Di Masjid Fatimah, Solo ( Foto @U-Report )

Sebuah Alquran berukuran besar dengan panjang 150 cm, lebar 250 cm, dan tebal mencapai 30 cm serta berat sekitar 200 kilogram terpampang di masjid Fatimah, Jalan Dr Radjiman, Solo, Jawa Tengah. Uniknya, Alquran langka yang telah berusia ratusan tahun tersebut, seluruh hurufnya ditulis dengan bahan mirip kertas semen serta prada atau tinta emas. Sementara sampulnya terbuat dari kulit unta, yang didatangkan khusus dari Arab Saudi.

Konon Alquran ini merupakan warisan seorang pengusaha di Solo dan telah dibuat pada zaman pemerintahan Raja Keraton Surakarta Hadiningrat Pakubuwono X atau sekitar pada tahun 1800.

Imam Masjid Fatimah, M HUsni Thamrin mengatakan, Alquran tersebut ada sejak masjid miliki keluarga Danarhadi itu diresmikan pada tahun 2004 lalu.

"Alquran ini hadiah dari seorang sahabat, yang juga memberikan wakaf masjid ini, yaitu keluarga Batik Danarhadi. Ini sebuah kebanggaan, walaupun sehari - harinya tetap kita simpan, dengan bungkus plastik," ujar Thamrin.

DITELITI PARA HAFIZ

Thamrin menuturkan, Alquran tua tersebut selalu disimpan pada hari - hari biasa. Namun saat Ramadan, selalu dipajang di bagian dalam Masjid Fatimah. Meski telah berusia ratusan tahuun, bukan berarti Alquran ini hanya sebagai barang pajangan. Setiap hari, terutama menjelang waktu berbuka puasa, Alquran ini selalu dibaca. Ukuran hurufnya yang memang besar memudahkan bagi siapa saja untuk membaca ayat - ayat di dalamnya meski mereka harus berdiri.

"Berdasarkan penelitian tim yang kami bentuk, dibantu hafiz Quran dari Masjid Agung Keraton, Alquran ini sebenarnya isinya lengkap. Ada 30 juzz, 114 surat dan 6666 ayat. Hanya saja perlu disisipi, kalau akan menjadi Alquran secara utuh, karena dari penulisan kurang sempurna di waktu itu," terangnya.

Mengenai siapa penulisnya dan tahun pembuatannya, Thamrin menambahkan, pihaknya masih melakukan penelitian. Yang pasti, kepada siapa pun yang ingin melihat atau membaca Alquran ini, Thamrin mempersilahkan datang ke Masjid Fatimah, di JHalan Dr Dajiman, Singosaren, Solo.

Sementara itu, Alquran raksasa juga ditemukan di Banyuwangi, tepatnya di Masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi. Selama bulan Ramadan, tidak jaug beda dengan tadarus di masjid - masjid lain. Meski demikian, ada hal unik dan menarik pada prosesi tadarus di masjid yang berada di pusat Kota Banyuwangi ini.

JADI ICON

Orang yang mengaji Alquran tersebut melantunkan ayat - ayat suci dari Alquran raksasa. Alquran yang ditempatkan di tengah - tengah masjid ini memang berukuran besar, yakni setinggi 210 cm dan lebar 140 cm.

"Karena besar, harus ada dua orang untuk membuka satu lembar halaman. Kalau satu orang pasti kerepotan," Ucap Iwan Aziez Siswanto, Seketaris Umum Masjid Baiturrahman, saat memperlihatkan Alquran raksasa itu

Iwan menjelaskan, dalam satu malam, para pembaca Alquran yang berjumlah tujuh orang ini bisa menyelesaikan minimal tiga juz.

Para qori membaca bergantian. Sedangkan yang lain serta seorang hafiz menyimak atau meneliti bacaan agar tidak ada yang salah.

Alquran ukuran jumbo ini dibuat dan ditulis tangan oleh Drs H Abdul Karim dari Pondok Pesantren Bustanul Makmur, Genteng pada 2010 lalu. Dibuat selama enam bulan, Alquran ini menghabiskan biaya Rp. 183 Juta Lebih. Alquran tersebut menggunakan kertas anti rayap dan bebas jamur. Selain itu, menghabiskan 32 dus lebih spidol kualitas terbaik dan tinda 40 dus lebih.

Penasaran !, Dengan Alquran Raksasa Bertinta Emas ini ?, Silahkan langsung datang saja ke tempat Jl. Dr Radjiman, Solo, Jawa Tengah di Masjid FAtimah atau bisa juga datang ke Masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi yang mana disana juga terdapat Alquran serupa dengan yang ada di Solo.
loading...


Demikianlah Artikel OMG ! Heboh, Alquran Raksasa Bertinta Emas

Sekianlah artikel OMG ! Heboh, Alquran Raksasa Bertinta Emas kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya. Anda penulis/blogger punya berita menarik silahkan kirim ke kami di : muktiplaza.online@gmail.com tulisan/beritamu akan kami tayangkan di www.serunique.com ini

Anda sekarang membaca artikel OMG ! Heboh, Alquran Raksasa Bertinta Emas dengan alamat link http://www.serunique.com/2017/02/omg-heboh-alquran-raksasa-bertinta-emas.html
Bagikan Berita Seru ini Via :
+
 
Template By Kunci Dunia