Berita Unik dan Aneh

Blog Berita Aktual, Unik dan Aneh

7 Alasan Kenapa Hari Jumát Wajib Dimuliakan

Advertisement
loading...
Dalam Islam, hampir semua hari adalah baik. Namun diantara tujuh hari, ternyata ada satu hari yang dianggap sebagai hari yang terbaik dan didalamnya terdapat banyak keistimewaan. Hari jumát diambil dari bahasa Arab, yakni Jumuáh yang artinya “ramai-ramai”. Hari Jum’at sendiri merupakan hari keenam dalam sepekan. Mungkin tak banyak yang tahu, apa sich keistimewaan yang terdapat pada hari jumat sehingga kita sebagai umat muslim wajib memuliakannya? Kebanyakan dari Anda mungkin sudah tahu jika hari Jumát merupakan hari, dimana para lelaki diwajibkan pergi ke masjid untuk menunaikan shalat Jumát berjamaah di masjid.

Ternyata tidak hanya itu, karena masih banyak keistimewaan lain yang wajib Anda ketahui. Dengan mengetahui semua keistimewaan yang terdapat pada hari Jumát, dijamin Anda akan lebih mudah memuliakannya. Hem, kira-kira apa sajakah itu? Simak info lengkapnya berikut ini :

1. Hari Jumát paling agung disisi Allah SWT

Hari Jumat termasuk satu hari yang agung di sisi Allah SWT, bahkan taka da satu haripun yang menyamainya dalam setahun, kecuali hari Arafah. Bahkan, begitu agungnya hari Jumát hingga Allah mengabadikannya sebagai satu nama Surat dalam Al Quran, yakni Surat Al jumuah. Pada hari jumat, mulai dari subuh sudah dipenuhi dengan kebaikan, berkah dan juga pahala yang agung..

2. Diciptakannya Nabi Adam As

Rasulullah SAW pernah bersabda, “ Diantara hari hari kalian yang paling utama adalah hari Jumat. Di hari Jumat, Adam As diciptakan, di hari Jumat dia meninggal, di hari Jumat sangsakala ditiup dan di hari Jumat makhluk pingsan. Kalian perbanyaklah bershalawat kepadaku , karena bacaan shalawat kalian itu disampaikan kepadaku. Sesungguhnya Allah mengharamkan tanah di bumi memakan jasad para Nabi (HR Ahmad, At Tirmidzi, Ibnu Hibban dan hakim)

3. Ibadah sehari dapat pahala amalan ibadah setahun

Dari Aus bin Aus ra, Rasulullah SAW pernah bersabda,”Barangsiapa mandi  seperti mandi junub di hari Jumat, kemudian bersegera dan berjalan kaki dan tidak menaiki kendaraan, lalu duduk mendekat imam, lalu mendengarkan khotbah dan tidak melakukan tindakan maupun perkataan yang sia sia, maka dia mendapatkan untuk setiap langkahnya amalan setahun pahala puasa beserta shalatnya (HR Ahmad)

4. Hari, dimana ada waktu Mustajab untuk Berdo'a.

Abu Hurairah berkata Rasulullah bersabda: "Sesungguhnya pada hari Jum'at terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasululllah mengisyaratkan dengan tangannya menggambarkan sedikitnya waktu itu" (HR. Muttafaqun Alaih)

5. Hari pengampunan dosa

Salman Al Farisi berkata : Rasulullah bersabda: “Siapa yang mandi pada hari Jum’at, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi diantara dua orang untuk dilewatinya, kemudian shalat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jum’at”. (HR. Bukhari).

6. Sedekah pada hari jumat lebih utama dibandingkan hari-hari lainnya

Ibnu Qayyim berkata: "Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya". Hadits dari Ka’ab menjelaskan: “Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya”. (Mauquf Shahih)

7. Kemuliaan berupa surga khusus bagi Ahlu Jum’at

Diriwayatkan Abu Musa Al Asyari ra, dia mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda,” Semua hari akan diutus Allah SWT sebagaimana kondisinya dan hari Jumat akan diutus bercahaya bersinar yang ahlu Jumat mengelilinginya seperti pengantin yang memberikan hadiah kepada pasangannya. Jumat menyinari Ahlu Jumat sehingga mereka berjalan dalam pencahayaan Jumat. Warna mereka seperti salju putih dan aroma mereka seperti harum misik. Mereka tenggelam masuk di gunung kapur, sedangkan Ats-Tsaqalani (Jin dan Manusia) melihat ke arah mereka tanpa berkedip karena kagum hingga Ahlu Jumat memasuki Surga. Ahlu Jumat tidak bercampur dengan seorangpun kecuali al Mu’adzimun (orang orang yang mengumandangkan adzan) .” (HR Thabrani dan Ibnu Khuzaimah)
Dengan memahami dan memuliakan hari Jumát, niscaya Anda akan mendapat kemuliaan yang luar biasa dari Allah SWT. Semoga informasi yang berjudl 7 Alasan Kenapa Hari Jumát Wajib dimuliakan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Artikel Keren Lainnya

Bukti Jika 9 dari 10 Pintu Rizki Ada di Perdagangan
Delapan Rahasia Sukses Berbisnis Ala Rasulullah
Awas! Sembilan Hal Sepele Ini dapat Membatalkan Shalat
Ancaman Bagi yang Suka menunda Mandi junub
Manfaat Luar Biasa dari Kebiasaan Mendoakan Orang Lain
loading...


Demikianlah Artikel 7 Alasan Kenapa Hari Jumát Wajib Dimuliakan

Sekianlah artikel 7 Alasan Kenapa Hari Jumát Wajib Dimuliakan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya. Anda penulis/blogger punya berita menarik silahkan kirim ke kami di : muktiplaza.online@gmail.com tulisan/beritamu akan kami tayangkan di www.serunique.com ini

Anda sekarang membaca artikel 7 Alasan Kenapa Hari Jumát Wajib Dimuliakan dengan alamat link http://www.serunique.com/2017/03/7-alasan-kenapa-hari-jumat-wajib.html
Bagikan Berita Seru ini Via :
+
 
Template By Kunci Dunia