Berita Unik dan Aneh

Blog Berita Aktual, Unik dan Aneh

Dapat Pahala Ramadhan Meski Tidak Berpuasa? Ini Tujuh Amalannya

Advertisement
loading...
Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah bagi umat islam, dimana setiap ibadah akan dilipatgandakan pahalanya. Namun sayangnya tidak semua umat islam bisa melaksanakan puasa ramadhan dengan sempurna. Apalagi wanita yang setiap bulan pasti akan mengalami haid atau datang bulan. Kondisi tersebut membuat para wanita wajib tidak berpuasa atau justru haram jika berpuasa. Tapi tidak perlu sedih, karena wanita haid juga bisa tetap meraup pahala ramadhan yang berlipat-lipat. Caranya sangat sederhana sekali, yakni dengan melakukan beberapa amalan saat bulan ramadhan.

Sumber artikel dari kajianlagi.blogspot.co.id


Hadits larangan berpuasa bagi wanita haid

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda :
“Dari Abu Sa’id Al Khudriy Radhiyallahu Anhu “Bahwasanya Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda : “Bukankah Wanita itu jika sedang haidh dia tidak shalat dan tidak shaum/berpuasa? Itulah kekurangan agamanya.” (HR. Bukhari.)
Kira-kira apa sajakah amalan yang bisa mendatangkan pahala ramadhan bagi wanita haid? Agar lebih jelasnya, simak tujuh amalan wanita haid saat ramadhan, berikut ini :

1.    Menyiapkan dan memberi hidangan untuk berbuka

Anda suka memasak hidangan yang lezat? Jika ya, Anda bisa memanfaatkan keahlian Anda untuk meraup pahala ramadhan, yakni dnegan menyeiakan dan memberi hidangan untuk berbuka.
Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda : ”Barang siapa yang memberi ifthar (hidangan untuk berbuka) orang-orang yang shaum/berpuasa maka baginya pahala seperti orang yang shaum/berpuasa tanpa dikurangi sedikitpun”. (H.R. Bukhari Muslim).

2.    Bangun untuk siapkan makan sahur

Meski tidka ikut sahur, bukan berarti Anda bisa bermalas-malasan. Karena dengan ikut bangun pada waktu  sahur dan menyiapkan hidangan untuk orang yang berpuasa, maka Anda juga mendapatkan pahalanya. Tetaplah bangun dan berdoalah pada waktu yang mustajab ini.
Rasulullah Saw. bersabda, “Makan sahurlah kalian. Sesungguhnya pada makan sahur tersebut terdapat keberkahan.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

3.    Menjawab adzan

Meski tidak bisa melaksanakan shalat, namun seorang wanita tetap bisa mendapatkan pahala. Caranya dengan mendengar dan menjawab adzan. Selain itu, Anda juga bsia mengucapkan doa di waktu yang mustajab ini.
“Dari Jabir Bin Abdullah Radhiyallahu Anhu Bahwa” Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda: “Barangsiapa mendengar panggilan adzan lalu ia Berdoa ‘Ya Allah Ya Rabb.. Pemilik seruan yang sempurna ini, dan shalat yang akan didirikan, karuniakanlah kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam. Wasilah dan keutamaan dan tempatkanlah ia di tempat yang terpuji yang telah Engkau janjikan’ Akan Mendapatkan Syafaatku kelak pada hari kiamat (HR. Bukhari).

4.    Bersedekah

Bersedekah di bulan ramadhan bsia menjadi salah satu cara bagi wanita haid untuk meraup pahala yang melimpah saat ramadhan.
Rasulullah Saw. bersabda, “Sesungguhnya sedekah yang paling utama adalah sedekah di bulan Ramadhan.” (H.R. Tirmidzi).

5.    Berdoa dan berzikir

Berdoa dan berdzikir bisa tetap dilakukan oleh wanita yang sedang haid untuk bisa mendapatkan pahala berlimpah. Caranya dnegan membaca istighfar, dzikir dan doa yang disyariatkan.

6.    Memperdalam ilmu agama

Meski sedang haid, namun wanita tetap boleh belajar dan memperdalam ilmu agama, misalnya : dengan mendatangi majlis ilmu maupun membaca buku.
 “Barangsiapa menempuh suatu jalan untuk menuntut Ilmu,Niscaya Allah Subhanahu wa Ta’ala menunjukkan jalan menuju Surga Baginya”. (H.R. Muslim)

7.    Menjauhi perbuatan dosa

Meski tiak berpuasa, bukan berarti seseorang boleh melakukan dosa. Dengan menghindari perbuatan dosa saat ramadhan, maka Anda akan mendapatkan pahala puasa.
Rasulullah Shalallahu Alaihi wa Sallam bersabda : “Barangsiapa Tidak meninggalkan perkataan dusta dan ghibah maka tiada artinya di sisi ALLAH baginya shaum/puasa dari makan dan minum” (HR Bukhari).
Sebagai muslimah yang taat, pastinya kita tidak akan menyia-nyiakan kesempatan mulia di bulan ramadhan ini. Yuk mendulang pahala melimpah di bulan Ramadhan!
loading...


Demikianlah Artikel Dapat Pahala Ramadhan Meski Tidak Berpuasa? Ini Tujuh Amalannya

Sekianlah artikel Dapat Pahala Ramadhan Meski Tidak Berpuasa? Ini Tujuh Amalannya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya. Anda penulis/blogger punya berita menarik silahkan kirim ke kami di : muktiplaza.online@gmail.com tulisan/beritamu akan kami tayangkan di www.serunique.com ini

Anda sekarang membaca artikel Dapat Pahala Ramadhan Meski Tidak Berpuasa? Ini Tujuh Amalannya dengan alamat link http://www.serunique.com/2017/03/dapat-pahala-ramadhan-meski-tidak.html
Bagikan Berita Seru ini Via :
+
 
Template By Kunci Dunia