Berita Unik dan Aneh

Blog Berita Aktual, Unik dan Aneh

Ini Tata Cara Shalat Idhul Fitri yang Lengkap

Advertisement
loading...
Hari raya idhul fitri tinggal menghitung hari, kira-kira apa yang sudah Anda siapkan untuk menyambutnya? Baju baru, kue lebaran yang lengkap, sederet rencana liburan, gadget canggih, atau yang lainnya? Hari raya idhul fitri tidak harus dirayakan dengan segala yang berlebihan, karena Rasulullah sendiri sudah memberikan teladan yang seharusnya kita perhatikan. Ada satu hal yang wajib diperhatikan sebelum menyambut hari yang fitri, yakni menunaikan zakat fitrah atau maal dengan benar sebelum waktunya shalat ied. Jangan hanya karena kesibukan mudik dan berburu semua yang serba baru di mall, lantas kita melupakan kewajiban membayar zakat.


Nah, setelah urusan zakat beres, kita bisa ikut melaksanakan shalat idhul fitri dengan tenang dan khusyu. Shalat Idhul Fitri sama dengan shalat Idhul Adha, yakni memiliki jumlah rakaat sebanyak dua rakaat.  Untuk pelaksanaannya sendiri, tentu saja ada perbedaan antara keduanya. Nah, agar tidak salah, simak langsung tata Cara shalat Ied, berikut ini :

1.    Niat dan membaca takbiratul ikhram sebagaimana shalat lainnya
2.    Bertakbir sebanyak 7 kali sambil mengangkat tangan
3.    Diantara takbir, kita dianjurkan membaca kalimah sanjungan kepada Allah
Dari Ibnu Mas’ud, ia mengatakan, “Di antara tiap takbir, hendaklah menyanjung dan memuji Allah.”( Al Baihaqi (3/291)
Adapun bacaan yang bisa dibaca setelah takbir, yakni :
سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ . اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي
“Subhanallah wal hamdulillah wa  laa ilaha illallah wallahu akbar. Allahummaghfirlii war hamnii
Artinya :  Maha suci Allah, segala pujian bagi-Nya, tidak ada sesembahan yang benar untuk disembah selain Allah. Ya Allah, ampunilah aku dan rahmatilah aku”
Tidak hanya pujian yang disebutkan diatas, karena Anda juga bisa membaca kalimah pujian kepada Allah SWT yang lain.
4.    Membaca al fatihah sebagaimana shalat yang lainnya
5.    Membaca surat. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri membaca surat Qaaf pada rakaat pertama dan Aurat Al Qomar pada rakaat kedua.
Terdapat riwayat bahwa ‘Umar bin Al Khattab pernah menanyakan pada Waqid Al Laitsiy mengenai surat apa yang dibaca oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika shalat ‘Idul Adha dan ‘Idul Fithri. Ia pun menjawab, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa membaca “Qaaf, wal qur’anil majiid” (surat Qaaf) dan “Iqtarobatis saa’atu wan syaqqol qomar” (surat Al Qomar). (HR. Muslim no. 891)
Namun jika hari raya idhul fitri jatuh pada hari jumát, maka dianjurkan membaca surat Al A’laa pada raka’at pertama dan surat Al Ghosiyah pada raka’at kedua. Hal itu berlaku baik pada shalat ied atau shalat jumát.
Dari An Nu’man bin Basyir, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa membaca dalam shalat ‘ied maupun shalat Jum’at “Sabbihisma robbikal a’la” (surat Al A’laa) dan “Hal ataka haditsul ghosiyah” (surat Al Ghosiyah).” An Nu’man bin Basyir mengatakan begitu pula ketika hari ‘ied bertepatan dengan hari Jum’at, beliau membaca kedua surat tersebut di masing-masing shalat. (HR. Muslim no. 878)
6.    Melakukan gerakan dan bacaan shalat seperti biasa, seperti ruku’, I’tidal, sujud, dan lainnya)
7.    Membaca takbir saat bangkit mengerjakan rakaat kedua
8.    Membaca takbir sebanyak lima kali sebelum membaca surat al fatihah
9.    Membaca surat Al Fatihah disambung dnegan surat yang disebutkan diatas
10.    Melakukan gerakan lain sebagaimana shalat lima waktu hingga salam.
Semoga dengan memahami artikel diatas, Anda jadi lebih khusyu mengerjakan shalat Ied dan pastinya tidak salah langkah. Semoga bermanfaat yaa! Sumber artikel dari kajianlagi.blogspot.co.id
loading...


Demikianlah Artikel Ini Tata Cara Shalat Idhul Fitri yang Lengkap

Sekianlah artikel Ini Tata Cara Shalat Idhul Fitri yang Lengkap kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya. Anda penulis/blogger punya berita menarik silahkan kirim ke kami di : muktiplaza.online@gmail.com tulisan/beritamu akan kami tayangkan di www.serunique.com ini

Anda sekarang membaca artikel Ini Tata Cara Shalat Idhul Fitri yang Lengkap dengan alamat link http://www.serunique.com/2017/03/ini-tata-cara-shalat-idhul-fitri-yang.html
Bagikan Berita Seru ini Via :
+
 
Template By Kunci Dunia