Berita Unik dan Aneh

Blog Berita Aktual, Unik dan Aneh

Terharu! Betapa Besarnya Manfaat Membaca Surat Ar Rahman

Advertisement
loading...
Membaca Al quran dan meresapi maknanya seringkali membuat seseorang menangis terharu bahkan semakin rindu dan cinta kepada Allah Subhanallahu Wa Taala. Salah satu surat Al Quran yang seringkali menimbulkan rasa haru dan mendatangkan kecintaan yang luar biasa kepada Allah adalah Ar Rahman. Surat Ar Rahman secara harfiah berarti pengantin Al Quran, dimana dalam surat ini terdapat pengulangan ayat yang sangat indah yang diibaratkan sebagai hiasan pengantin, yakni :  fabi ayyi aalaa’i Rabbikuma Tukadziban. Ar rahman merupakan nama Allah yang artinya Maha Pemberi, dimana dalam surat ini Allah menuturkan akan kecintaannya kepada manusia sehingga senantiasa dicukupnya nikmatnya di dunia dan akhirat.

Baca juga artikel tentang

Inilah Fakta Ilmiah Tentang Manfaat Mendengarkan Al-Quran


ar rahman/twitter.com


Cobalah baca dan resapi maknanya, dijamin Anda akan menangis terharu ketika mengingat-ingat kembali betapa luar biasanya nikmat Allah yang diberikan pada kita. Agar semakin bersemangat membaca surat Ar Rahman, sebaiknya simak beberapa fadilah dan keutamaan jika istiqamah membaca surat Ar Rahman, berikut ini : sumber artikel dari kajianlagi.blogspot.co.id

1.    Membuat kita banyak memuji Allah

Rasulullah Saw bersabda diriwayatkan didalam Shahih Al Bukhari : " Tidak ada yang lebih pencemburu dari Allah, karena itulah Dia mengharamkan segala yang keji, dan tidak ada yang lebih suka dipuji selain dari Allah Swt, karena itu Dia memuji diri-Nya sendiri". ( Shahih Al Bukhari )

2.    Menghindarkan kita dari kufur nikmat

Memahami makna Ar rahman akan membuat kita senantiasa bersyukur dan terhindar dari bahaya kufur nikmat.
“… dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya adzab-Ku sangat pedih” (QS. Ibrahim: 7)

3.    Membuat kita sadar bahwa manusia tempatnya lupa

Kenapa ada pengulangan ayat beberapa kali? Hal itu harusnya menyadarkan kita bahwa manusia tempatnya lupa.

4.    Pahala mati syahid

Dalam Tsawabul A’mal, dijelaskan bahwa Rasulullah pernah bersabda: “barang siapa membaca Ar Rahman, dan ketika membaca kalimat fabiayyi aala’i Robbikuma tukadzibaan kemudian jika dia mengucapkan: tidak ada satupun nikmatMu dari Tuhanku yang aku dustakan, maka jika membacanya di malam hari kemudian mati, maka matinya seperti mati syahid, jika membacanya di siang hari kemudian ia mati, maka matinya seperti mati syahid.” (diriwayatkan oleh Imam Ja’far)

5.    Allah akan menyayangi kita

Dalam kita Tafsir Nur Ats-Tsaqalain, disebutkan bahwa; “Barangsiapa yang membaca surat Ar-Rahman, Allah akan menyayangi kelemahannya dan meridhai nikmat yang dikaruniakan padanya.”

6.    Menyadari bahwa ada bangsa lain yang juga meyakini besarnya nikmat Allah

Suatu hari Rasulullah SAW menemui para sahabatnya lalu membaca surah Ar-Rahman dari awal sampai akhir, akan tetapi para sahabat hanya terdiam mendengarkan saja. Kemudian Rasululullah bersabda “Apabila aku membacakan surat Ar-Rahman ini kepada para Jin, maka setiap kali aku sampai pada ayat: fabi ayyi aalaa’i Rabbikuma Tukadziban  “Maka nikmat Tuhanmu manakah lagi yang kamu dustakan?”
Maka, mereka (golongan jin) akan menjawab:
 “Tidak ada satupun dari nikmat-Mu -wahai Tuhan kami- yang kami dustakan, maka segala puji hanyalah milik-Mu.” (HR. At-Turmudzi)
Dengan memahami besarnya manfaat surat Ar Rahman diatas, pastinya kita akan bersemangat untuk membacanya secara rutin setiap hari.

loading...


Demikianlah Artikel Terharu! Betapa Besarnya Manfaat Membaca Surat Ar Rahman

Sekianlah artikel Terharu! Betapa Besarnya Manfaat Membaca Surat Ar Rahman kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya. Anda penulis/blogger punya berita menarik silahkan kirim ke kami di : muktiplaza.online@gmail.com tulisan/beritamu akan kami tayangkan di www.serunique.com ini

Anda sekarang membaca artikel Terharu! Betapa Besarnya Manfaat Membaca Surat Ar Rahman dengan alamat link http://www.serunique.com/2017/03/terharu-betapa-besarnya-manfaat-membaca.html
Bagikan Berita Seru ini Via :
+
 
Template By Kunci Dunia