Berita Unik dan Aneh

Blog Berita Aktual, Unik dan Aneh

Tujuh Amalan Sunnah yang Sebaiknya Dilakukan Saat Berbuka Puasa

Advertisement
loading...
Berbuka merupakan momen yang paling menyenangkan setelah seharian penuh seseorang menahan lapar dan dahaga. Menjelang berbuka puasa, ada banyak amalan sunnah yang mendatangkan pahala melimpah. Sayangnya kebanyakan dari kita tidak menyadarinya, bahkan lebih memilih sibuk dengan apa yang akan kita makan daripada memperbanyak amalan sunnah. Kira-kira apa sajakah amalan sederhana yang sebaiknya dilakukan saat berbuka puasa? Agar lebih jelasnya, simak langsung Tujuh Amalan Sunnah yang Sebaiknya Dilakukan Saat Berbuka Puasa, berikut ini:


1.    Berbuka tepat pada waktunya

Berbuka tepat waktu tidak hanya menyempurnakan puasa Anda, tapi juga mendatangkan pahala.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: “Kemudian sempurnakanlah puasa hingga malam.” (Surah Al-Baqarah, 2: 187)

2.    Menyegerakan Buka puasa

Setelah mendengar adzan maghrib, segeralah berbuka dan jangan menunda hingga shalat selesai. Hal ini tidak hanya membuat Anda lebih bugar tapi juga bernilai pahala.
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Manusia sentiasa dalam kebaikan selama mana mereka menyegerakan dalam berbuka.” (Shahih Al-Bukhari, no. 1957. Muslim, no. 1098)

3. Banyak berdoa saat buka puasa

Waktu buka puasa adalah waktu yang mustajab untuk berdoa, bahkan disebutkan jika doanya tidak akan tertolak.
Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda:
“Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak; (iaitu) Pemimpin yang adil, orang yang berpuasa hingga dia berbuka, dan do’a orang yang terzalimi.” (Ahmad, no. 8043 dan At-Tirmidzi, no. 3598)
Disebutkan pula lam hadits, berikut ini :
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Sesungguhnya bagi orang yang berpuasa, di saat waktu berbukanya itu ada do’a yang tidak tertolak.”
Doa yang dibaca Rasulullah saat berbuka, yakni :
“Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah-ed.”
 Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki. (HR. Abu Daud)

Sumber artikel dari kajianlagi.blogspot.co.id

4.    Buka puasa dengan Ruthab atau Tamr, atau Air Dingin

Berbuka dengan yang manis dan air dingin sebagaimana yang dilakukan Rasulullah, dimana Beliau berbuka dnegan Kurma basah dan air.
Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Apabila salah seorang dari kalian berbuka, maka berbukalah dengan tamr, jika tidak menemuinya maka berbukalah dengan air sejuk kerana ia membersihkan.” (At-Tirmidzi)
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam beliau berbuka dengan beberapa butir ruthab (yakni kurma segar yang baru masak – pent.) sebelum beliau melaksanakan solat, jika tidak didapatkan ruthab, beliau berbuka dengan tamr (kurma kering), jika tidak didapatkan tamr, beliau pun berbuka dengan meminum beberapa teguk air sejuk. (Abi Dawud, no. 2356. At-Tirmidzi, no. 696)

5. Tidak Berlebihan dalam Berbuka

Tidak berlebihan saat berbuka sangat baik untuk kesehatan dan pastinya membuat Anda memperoleh pahala sunnah.
 Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Makan dan minumlah, berpakaianlah, dan bersedekahlah, selagi mana bukan untuk bersombong dan berbuat boros.” (Ahmad, no. 6695)

6. Memberi Makan untuk Berbuka

Bagi Anda yang berhalangan untuk berpuasa, ada amalan yang membuat Anda bisa memperoleh pahala puasa, yakni member makan untuk berbuka.
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Siapa memberi makan untuk orang-orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun.”( HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad)

7. Mendoakan Orang yang Memberi Makanan Berbuka

Selain mengucapkan terima kasih pada orang yang memberikan buka puasa, Anda juga wajib mendoakannya sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah Saw.
Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam datang kepada Sa’d bin ‘Ubadah. Sa’d pun menghidangkan untuk beliau roti dan minyak, lalu beliau pun memakannya. Kemudian Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam pun mengucapkan:
“Orang-orang yang berpuasa telah berbuka di sisimu, orang-orang yang baik memakan makananmu, dan para malaikat pun mendoakanmu.” (Sunan Abi Dawud, no. 3854 dan Ibn Majah, no. 1747)
Ini doa lain yang bisa Anda ucapkan :
ALLAHUMMA ATH’IM MAN ATH’AMA-NII WAS-QI MAN SAQAA-NII
 “Ya Allah, berilah makanan orang yang memberi aku makan dan berilah minum orang yang memberi aku minuman.” (HR. Muslim, No.2055).
Banyaknya amalan sunnah yang bisa kita lakukan saat berbuka puasa diatas seharusnya membuat kita lebih bersemangat meraup pahala. Semoga bermanfaat yaa!
loading...


Demikianlah Artikel Tujuh Amalan Sunnah yang Sebaiknya Dilakukan Saat Berbuka Puasa

Sekianlah artikel Tujuh Amalan Sunnah yang Sebaiknya Dilakukan Saat Berbuka Puasa kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya. Anda penulis/blogger punya berita menarik silahkan kirim ke kami di : muktiplaza.online@gmail.com tulisan/beritamu akan kami tayangkan di www.serunique.com ini

Anda sekarang membaca artikel Tujuh Amalan Sunnah yang Sebaiknya Dilakukan Saat Berbuka Puasa dengan alamat link http://www.serunique.com/2017/03/tujuh-amalan-sunnah-yang-sebaiknya.html
Bagikan Berita Seru ini Via :
+
 
Template By Kunci Dunia