Berita Unik dan Aneh

Blog Berita Aktual, Unik dan Aneh

AWAS ! Inilah Bahaya Menunda Shalat Wajib

Advertisement
loading...
Salah satu kewajiban seorang muslim yang paling utama adalah menunaikan shalat wajib. Sayangnya, tidak semua muslim melakukan hal ini, karena merasa shalat adalah beban, hingga kewajiban seperti ini seringkali terlewatkan karena beberapa alasan. Entah karena memang benar-benar malas, menyepelekan, merasa shalat itu tidak keren, hanya kewajiban orang-orangtua yang akan mati, merasa tak butuh kehadiran Tuhan dan banyak alasan yang kadang tidak masuk akal lainnya.

Padahal jika dirunut, tak hanya tidak melakukan shalat wajib saja yang mendapat ‘teguran keras’ dari Allah, namun orang yang sudah menjalankan namun melalaikan shalatnya mendapat sentilan dan Allah lewat beberapa ayat dalam Al Qur’an mengenai Bahaya menunda shalat wajib, apalagi tidak melakukan secara rutin.
Mengapa orang yanga sudah melakukan shalat namun ia menyepelekan dengan menunda-nunda shalatnya, termasuk orang yang dianggap lalai dan dapat dikatakan membahayakan? Hal ini bisa dipahami jika tegaknya Islam dimulai dari hal utama yakni melaksanakan shalat wajib secara rutin dan tepat waktu, tidak menunda-nundanya, karena begitu ada kebiasaan menunda, maka ia termasuk membahayakan keimanan, menyia-nyiakan kebaikan shalat dan menunda rahmat dan barokah Allah turun kepadanya.
Bahaya  bagi orang yang suka menunda  shalat wajib lainnya  adalah ia akan mendapatkan celaka atau kehancuran. Hal ini terlihat dari Firman Allah surat Al Maa’un ayat 4-5.
“Maka, celakalah bagi orang-orang yang sholat. (yaitu) orang-orang yang lalai akan sholatnya”.
Rasulullah menambahkan jika kata lalai disini bisa berarti jika orang-orang itu memang mengerjakan shalat, namun suka mengakhirkan waktunya, meremehkan dan tidak menganggap penting shalat dibanding urusan dunia lain.
“Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan.” (QS. Maryam: 59).
Sebagian ulama menafsirkan  kata Idha’atus Shalat (menyia-nyiakan shalat) adalah shalat diluar waktunya dan suka meninggalkan shalat. Beberapa orang menafsirkan ayat ini sebagai orang yang suka menunda shalatnya berarti dosa besar, padahal dalam ayat ini menyatakan kelak orang tersebut akan menemui kesesatan dan orang dalam keadaan tersesat akan melakukan apa saja untuk menemui jalan keluar, salah satunya melakukan kemaksiatan (karena sudah tidak ada lambaran iman yang kuat akibat suka melalaikan shalatnya), hingga lebih mudah melakukan sesuatu hal negative akhirnya akan membuat dosa besar.
Akhirnya bahaya menunda shalat wajib yang lainnya adalah orang yang melakukannya  akan mengalami kerugian, baik didunia dan akherat, seperti firman Allah:
“Hai orang-orang yang beriman janganlah harta-hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barangsiapa yang berbuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang merugi” (al Munafiqun ayat 9).
Kerugian yang banyak untuk yang suka melalaikan dan menunda shalatnya karena rahmat dan rezeki Allah bisa jadi enggan turun. Jika Allah memberi rezeki banyakpun, tentu kurang barokah, karena hartanya bisa jadi malah menyilaukan dirinya dan  menyepelekan juga menyia-nyiakan Allah dibandingkan dengan kenikmatan duniawi. Kerugian yang yang lain karena pahala sebagai umat yang sholeh akan terkurangi.
Terakhir, ayat demi ayat yang turun sebagai pengingat manusia untuk lebih mementingkan sang Khalik, Tuhan penciptaNya, memiliki makna filosofis tinggi, bukan hanya sekedar menakut-nakuti hamba yang suka melalaikan atau menunda shalat wajibnya. Karena pada dasarnya shalat adalah tiang agama, yang akhirnya akan menuntun umat manusia melakukan seluruh aktivitas dalam kerangka agama. Mulai dari cara berpikir, bicara, berjalan, berkehendak, melakukan aktivitas apapun jika tak berbekal jalan illahiyah, maka manusia akan tergelincir pada kemaksiatan, lembah kehinaan, jalan kehancuran.

Baca Artikel Keren Lainnya :
Ancaman Bagi yang Suka menunda Mandi junub
loading...


Demikianlah Artikel AWAS ! Inilah Bahaya Menunda Shalat Wajib

Sekianlah artikel AWAS ! Inilah Bahaya Menunda Shalat Wajib kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya. Anda penulis/blogger punya berita menarik silahkan kirim ke kami di : muktiplaza.online@gmail.com tulisan/beritamu akan kami tayangkan di www.serunique.com ini

Anda sekarang membaca artikel AWAS ! Inilah Bahaya Menunda Shalat Wajib dengan alamat link http://www.serunique.com/2017/04/awas-inilah-bahaya-menunda-shalat-wajib.html
Bagikan Berita Seru ini Via :
+
 
Template By Kunci Dunia