Berita Unik dan Aneh

Blog Berita Aktual, Unik dan Aneh

Perbanyaklah Ibadah Ini!, Saat Menjelang Bulan Suci

Advertisement
loading...
AkuIslam.Id - Bulan Ramadan sudah tinggal menghitung hari lagi. Datangnya bulan yang selalu menjadi kebanggaan semua orang muslim ini selalu ditunggu - tunggu sebagai bulan suci yang di dalamnya terdapat banyak sekali keistimewaan, terutama kewajiban melaksanakan puasa Ramadan. Lalu bagaimana cara terbaik menyambut bulan suci ini ? Berikut ulasannya.

Berbuka Puasa Bersam Keluarga ( Foto @U-Report )

Menyambut bulan suci ramadan sudah selayaknya dilakukan oleh setiap orang muslim. Kita semua patut bersyukur dengan datangnya bulan yang sangat utama ini karena masih diberikan kesempatan oleh Allah untuk melakukan ibadah berupa puasa wajib.

Lebih - lebih karena di dalam bulan tersebut terdapat banyak sekali keberkahan yang bisa didapatkan oleh setiap orang guna meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Keistimewaan yang terdapat dalam bulan Ramadan hanya berlaku pada orang Islam yang beriman. Di antara keutamaannya adalah seperti yang disabdakan Rasulullah yang diriwayatkan dari Salman, beliau bersabda, "Wahai sekalian manusia, telah datang kepadamu bulan yang agung, penuh keberkahan, di dalamnya terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan; diwajibkan padanya puasa; dan dianjurkan untuk menghidupkan malam - malamnya. maka barang siapa yang mengerjakan satu kebajikan pada bulan ini, seolah - olah ia mengerjakan satu perintah kewajiban di bulan lain, dan siapa yang mengerjakan ibadah yang wajib, seakan - akan ia mengerjakan tujuh puluh kali kewajiban tersebut di bulan yang lain."

MELUNASI HUTANG PUASA

Sebelum Ramadan tiba, hendaknya jangan lupa seseorang yang pernah berhalangan menjalankan kewajiban puasa di bulan lalu untuk mengqadha puasa sebanyak yang ditinggalkan. Sebab bulan Syakban ini adalah waktu terakhir untuk melunasi utang puasa yang wajib dibayar sebelum Ramadan kembali tiba.

Kewajiban mengqadha puasa ini berdasarkan pada firman Allah dalam Alquran, yang mengatakan, "Maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari - hari lain," (QS Al Baqarah: 185). Waktu terakhir yang boleh mengqadha puasa adalah pada bulan Syakban, yakni bulan yang berdampingan dengan bulan Ramadan. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan dari Aisyah Ra, disebutkan, "Aku punya utang puasa Ramadan dan tidak bisa mengqadhanya kecuali di bulan Syakban," (HR Bukhari, Muslim).

PUASA SUNAH

Salah satu cara menyambut bulan suci Ramadan yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan puasa sunah sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah Saw. Dalam banyak hadis disebutkan bahwa Rasulullah paling banyak berpuasa pada bulan Syakban, yakni bulan yang menjadi pintu masuk bulan Ramadan. Salah satunya adalah hadis yang diriwayatkan dari Ummu Salamah, disebutkan "Saya tidak pernah melihat Nabi Saw berpuasa dua bulan berturut - turut kecuali pada Syakban dan Ramadan," (HR Abu Daud).

Dalam hadis yang lain yang diriwayatkan dari Anas Ra, juga disebutkan bahwa "Nabi Saw ditanya, 'Puasa apakah yang afdal setelah Ramadan?' Beliau menjawab, 'Syakban, untuk mengagungkan Ramadan/' Kemudian ditanyakan lagi, 'Sedekah apakah yang afdal?' Beliau menjawab, 'Sedekah pada bulan Ramadan," (HR At Tirmizi, Baihaqi).

Kandungan hadis tersebut secara tegas mengatakan bahwa puasa yang dilakukan Rasulullah pada bulan Syakban adalah untuk mengagungkan bulan suci Ramadan. Ada juga ulama yang mengatakan bahwa puasa di bulan Syakban tersebut adalah sebagai latihan untuk menghadapi puasa Ramadan.

MEMPERBANYAK SEDEKAH

Kebanggan akan datangnya bulan Ramadan juga dapat dilakukan seseorang dengan cara berbagai kebahagiaan melalui sedekah. Dengan begitu, mereka yang tidak mampu pun akan merasa bangga. Dengan begitu mereka akan ikut fokus menyambut bulan Ramdan yang akan segera datang, karena tidak sibuk memikirkan kekurangan sebagaimana yang mereka rasakan sehari - hari.

Melalui cara demikian, sedekah dapat membangkitkan orang - orang yang tidak mampu lebih ceria. Mereka tidak akan gelisah lagi dengan kekurangan yang dirasakan, melainkan bisa lebih optimal menyambut bulan suci Ramdan, bulan yang menjadi kebanggaan semua umat Islam.

Dan mereka yang rajin bersedekah akan dibalas pahala oleh Allah yang berlipat - lipat sebagaimana firman-Nya dalam Alquran, "Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang - orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap - tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Mahaluas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui." (QS Al Baqarah:261).


from Aku Islam http://ift.tt/2oW5zSa
Sumber KLIK Di Sini atau http://www.akuislam.id/
loading...


Demikianlah Artikel Perbanyaklah Ibadah Ini!, Saat Menjelang Bulan Suci

Sekianlah artikel Perbanyaklah Ibadah Ini!, Saat Menjelang Bulan Suci kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya. Anda penulis/blogger punya berita menarik silahkan kirim ke kami di : muktiplaza.online@gmail.com tulisan/beritamu akan kami tayangkan di www.serunique.com ini

Anda sekarang membaca artikel Perbanyaklah Ibadah Ini!, Saat Menjelang Bulan Suci dengan alamat link http://www.serunique.com/2017/04/perbanyaklah-ibadah-ini-saat-menjelang.html
Bagikan Berita Seru ini Via :
+
0 Komentar untuk "Perbanyaklah Ibadah Ini!, Saat Menjelang Bulan Suci"

Silahkan anda berkomentar dan juga memberikan kritik untuk perbaikan blog ini. Maaf, Komentar yang tidak berhungungan dengan artikel atau hanya pengen beriklan, akan dihapus. Komentar langsung tayang.

 
Template By Kunci Dunia