Berita Unik dan Aneh

Blog Berita Aktual, Unik dan Aneh

Inilah 4 Cerita Menarik Anak Lulusan SMP Yang Bobol 4,1 Milliar Dari Situs Online

Advertisement
loading...
Bukan hanya menghebohkan masyarakat, para hacker dan ahli IT juga sedang dibuat melongo oleh sosok Haikal. Banyak yang tak percaya bahwa pemuda 19 tahun itu adalah otak dari jaringan sindikat peretas yang berhasil membobol ribuan situs di internet. Dengan kecerdikannya, Haikal alias SH yang hanya lulusan SMP hingga kini telah meraup miliaran rupiah hanya dari dua situs internet. Maka, berapa total keuntungan yang ia dapat dengan 4.600 situs?

Namun sepandai-pandainya tupai melompat, pasti ada waktunya untuk jatuh. Dan nahas, kemarin pada 30 Maret 2017 Haikal berhasil ditangkap oleh petugas Siber Bareskrim Polri di perumahan Pesona Gintung Residen, Tangerang Selatan, Banten. Seperti apa sosok Haikal dan bagaimana sepak terjangnya, berikut ini fakta-faktanya.

1. Membobol 4.600 Situs, Termasuk Situs Institus Polri

lensaterkini.web.id - Meski tak termasuk jajaran hacker paling ditakuti, nyatanya kelihaian Haikal tak bisa dianggap remeh. Terhitung sebanyak 4.600 situs internet telah dibobol. Beberapa di antaranya adalah situs luar negeri, situs ojek online, beberapa situs jual beli tiket, situs yang dikelola pusat dan daerah, bahkan situs milik polri pun tak ketinggalan dibobol oleh Haikal dan anak buahnya. Selain membobol situs, akun Facebook pria ini juga digunakan untuk penjualan yang berbau komersial.

2. Membobol Situs Untuk Cari Uang plus Iseng Uji Kemampuan

Tindakan hacking (pembobolan) yang dilakukan Haikal tidak semata-mata untuk mencari keuntungan. Tak jarang, Haikal sengaja membobol situs-situs non profit milik lembaga tertentu hanya sekedar untuk unjuk gigi. Ia ingin menunjukkan bahwa dirinya adalah hacker yang dengan mudah bisa membobol suatu situs.

Kemampuan yang dimiliki Haikal untuk bisa meretas situs-situs bahkan yang berpengaman tinggi, hanya dipelajari secara otodidak. Semua cara yang digunakan, hampir semua dicari dengan search engine Google.

3. Raup 4,1 Miliar Hanya Jebol 2 Situs

lensaterkini.web.id - Dua dari sekian ribu situs yang dijebol oleh Haikal adalah tiket.com dan citilink.com. Hanya dari dua situs tersebut, Haikal telah meraup 4,1 miliar rupiah. Sedangkan cara yang ia lalukan untuk menjebol situs-situs yang ada adalah dengan teknik deface.

Artinya, ia mengganti tampilan gambar dengan gambar tertentu. Lucunya, meski hanya lulusan SMP, Haikal juga merekrut bawahan-bawahannya yang justru berpendidikan lebih tinggi.

4. Sempat Menjadi Buronan Paling Dicari

Telah menjadi buron selama empat bulan, keberadaan Haikal sempat sulit dilacak karena kerap berpindah-pindah tempat tinggal. Dirinya berhasil dibekuk setelah ketiga anak buahnya terlebih dahulu ditangkap di daerah Balikpapan, Kalimantan Timur pada 28 Maret 2017 lalu. Menurut keterangan polisi, ketiga anak buah Haikal bertugas menjual tiket hasil kejahatan di akun Facebook.

Karena tindakan cyber crime (kejahatan dunia maya) yang telah dilakukan Haikal, maka bisa jadi puluhan tahun bisa ia habiskan dibalik jeruji penjara. Karenanya, kelebihan skill yang kita punyai harusnya dimanfaatkan untuk kebaikan dan bukan sebaliknya. Bagaimana menurut pendapatmu?


#Baca juga artikel / berita lainnya berikut ini  :

loading...


Demikianlah Artikel Inilah 4 Cerita Menarik Anak Lulusan SMP Yang Bobol 4,1 Milliar Dari Situs Online

Sekianlah artikel Inilah 4 Cerita Menarik Anak Lulusan SMP Yang Bobol 4,1 Milliar Dari Situs Online kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya. Anda penulis/blogger punya berita menarik silahkan kirim ke kami di : muktiplaza.online@gmail.com tulisan/beritamu akan kami tayangkan di www.serunique.com ini

Anda sekarang membaca artikel Inilah 4 Cerita Menarik Anak Lulusan SMP Yang Bobol 4,1 Milliar Dari Situs Online dengan alamat link http://www.serunique.com/2017/05/inilah-4-cerita-menarik-anak-lulusan.html
Bagikan Berita Seru ini Via :
+
 
Template By Kunci Dunia