Berita Unik dan Aneh

Blog Berita Aktual, Unik dan Aneh

Inilah 7 Gadget Yang Dapat Mengawasi Kehidupan Manusia di Bumi

Advertisement
loading...
Percaya atau tidak, nyaman atau tidak, tiap gerak-gerik kita diawasi. Di tiap apapun yang bisa terhubung ke internet, segala perilaku kita dan jejak apa yang kita tinggalkan di dunia maya, pasti bisa terlacak oleh pihak yang punya kuasa.

Benar, meski hal ini masih sangat diperdebatkan karena menyinggung ranah privasi, terdapat fakta bahwa Pemerintah, badan intelejen, serta bisnis yang terkait dengan teknologi, bisa dengan mudah melacak keberadaan kita dan punya data akan segala sesuatu yang kita lakukan.

Hal ini mungkin bertujuan untuk mencegah berbagai tindak pidana yang memanfaatkan teknologi, atau berbagai tindak terorisme. Namun kita juga harus sadar bahwa hal ini mengeksploitasi hak kita dalam memiliki privasi.

#Baca juga artikel / berita lainnya berikut ini  :


Melalui CCTV

lensaterkini.web.id - CCTV kini adalah salah satu alat pengaman yang harus ada di setiap tempat umum. Di negara maju, jumlah CCTV bahkan sangat fantastis. Pada tahun 2011, ada satu kamera CCTV untuk 32 warga negara Inggris. Di tahun 2016 ini, jumlah ini meningkat menjadi satu kamera untuk 11 orang. Hal ini membuat Inggris jadi negara yang paling mengawasi warganya. Juga berarti negara yang 'paling dimata-matai' di seluruh dunia.

Hal ini juga diaplikasikan oleh negara-negara maju. Di Amerika Serikat, jumlah CCTV di tiap sudut negara terbilang kecil awalnya. Namun pasca maraknya berbagai tindak kriminal, angka ini ditingkatkan. Pada 2013, kamera CCTV berhasil menangkap pelaku pengeboman Boston. Sejak saat ini kamera CCTV justru makin banyak.

Meski demikian, hal ini membuat banyak orang gelisah soal tipisnya garis yang membedakan antara keamanan dan pelanggaran privasi tiap warga negara yang selalu diawasi tiap saat.

Melalui perangkat televisi

Jika Anda memiliki perangkat televisi cerdas atau Smart TV, Anda bisa diawasi dengan mudah melalui perangkat tersebut. Hal ini dikarenakan televisi cerdas terhubung ke internet dan memungkinkan untuk berbagai aktivitas peretasan masuk. Bahkan jika mau, Anda bisa ditonton balik melalui televisi Anda.

Yang lebih memperburuk, Smart TV seringkali dilengkapi mikrofon dan juga kamera. Dalam kasus kecil saja, jika televisi cerdas Anda terhubung dengan internet tanpa pemeriksaan keamanan yang menyeluruh, televisi yang tersinkronisasi dengan berbagai perangkat pribadi Anda akan dengan mudah diretas atau dikirim malware untuk menjerat Anda dalam skema phising. Jangankan televisi, bola lampu saja bisa digunakan untuk meretas.

Melalui kartu debet atau kartu kredit

lensaterkini.web.id - Sudah jadi teori lama bahwa karti kredit maupun kartu debet adalah alat untuk memantau bagaimana dan di mana kita menghabiskan uang kita. Teori tersebut sama sekali tidak salah. Penggunaan kartu tersebut oleh siapapun, dalam penggunaannya untuk berbagai pembelian elektronik, dapat dilihat secara real time oleh Pemerintah Amerika Serikat melalui badan intelejen mereka.

Alasan utama data ini tersedia secara gamblang untuk lembaga tersebut adalah untuk melihat potensi pembelian yang tak biasa, atau melihat pola pengeluaran. Hal ini sangat penting untuk menangkap pelaku terorisme.

Permasalahan terbesar dari hal ini adalah FBI tak perlu surat perintah untuk mengakses informasi pribadi ini. Dengan menggunakan bank, Anda secara otomatis memberi informasi tentang keluar masuk uang Anda di bank ke FBI.

Melalui pencarian di Internet yang Anda lakukan dan 'history' browser Anda

Setiap kali Anda melakukan pencarian di Google atau mesin pencari lain, data tersebut direkap dan disimpan oleh data server dan sewaktu-waktu dapat dilihat oleh badan intelejen. Di Amerika Serikat, hukum ini dikenal sebagai PATRIOT act yang bisa mencakup seluruh kegiatan internet Anda.

Hal ini mengantisipasi setiap orang yang berpotensi terlibat tindakan terorisme di masa depan, dan juga mencari pola perilaku internet para terpidana terorisme dan berbagai kejahatan lainnya.

Di Inggris, hal semacam ini memang nyata-nyata dilakukan untuk memerangi terorisme. Jadi jika Anda mengakses internet di Inggris, tak cuma web history Anda disimpan oleh penyedia layanan internet, namun jika Anda mencari kata kunci yang dianggap memicu terorisme, pihak berwenang akan melacak Anda.

Melalui smartphone Anda

lensaterkini.web.id - Tentu kita semua memiliki smartphone, dan hal tersebut adalah teknologi yang sangat berguna dan memudahkan kita dalam berbagai hal. Masalahnya kita tak tahu seberapa cerdasnya smartphone dalam menyimpan data dan berbagai perilaku internet kita dengan menggunakan smartphone.

Makin canggih smartphone, makin banyak informasi yang tersedia. Seperti kisah dari sebuah artikel New York Times yang menyebutkan bahwa sebagian smartphone memiliki 'pintu belakang' yang menjadi celah untuk mengirim data ke server yang terletak di China.

Hal ini terjadi lantaran software yang terpasang secara 'pre-installed' di Android tertentu, mampu melacak ke mana pengguna pergi, panggilan telepon yang pengguna lakukan dan terima, dan yang mengerikan, isi pesan yang pengguna kirim dan terima. Data tersebut bisa jadi digunakan untuk tujuan periklanan personal, atau secara sederhana untuk membantu produsen smartphone di China untuk melacak perilaku pengguna dalam menggunakan smartphone.

Bahkan, tiap aplikasi baru diunduh ke smartphone Anda, ada kemungkinan aplikasi tersebut bisa menyimpan informasi tentang Anda, melalui izin yang Anda setujui sebelumnya. Namun biasanya developer maupun produsen smartphone akan menyatakan bahwa data privasi ini akan tersimpan di eksternal smartphone.

Sejauh ini, Apple yang paling perhatian soal data privasi. Seperti yang kita ingat beberapa waktu lalu, Apple bahkan tak mau membantu FBI untuk membuka iPhone 5C milik terduga teroris di San Bernardino Amerika Serikat karena soal privasi pengguna.

Melalui sosial media

Mungkin Anda tidak mengetahui hal ini, namun di beberapa negara, badan intelejennya tak perlu surat perintah untuk mengakses akun sosial media milik masyarakatnya. Paling terkenal adalah di Inggris, di mana Pemerintah secara sah tak cuma bisa memantau posting sosial media Anda, namun juga aktivitas pesan pribadi yang Anda lakukan.

Tak cuma di Inggris, hal ini bisa dilakukan namun dengan peraturan lebih ketat di Amerika Serikat, Kanada, Selandia Baru, dan Australia.

Melalui drone

lensaterkini.web.id - Penerbangan drone ada di mana-mana dan legal dilakukan; kecuali di tempat-tempat tertentu yang secara tegas melarang adanya drone untuk terbang seperti bandara dan beberapa tempat lain. Namun pada Maret 2016 lalu, Pemerintah Amerika Serikat mengakui bahwa drone kerap digunakan untuk memata-matai masyarakat Amerika Serikat untuk tujuan non-militer.

Detil dari hal ini hanya dirilis sebagian, namun mayoritas dari misi ini dikatakan hanya untuk pencegahan bencana.

Hal ini tentu membuat masyarakat gelisah, karena setiap saat bisa dimata-matai melalui angkasa. Seorang analis bernama Jay Stanlet, bahkan menyatakan kalau teknologi berkembang makin cepat, harusnya makin sering pula hukum diperbarui. Hal ini dikarenakan kecanggihan teknologi meninggalkan lubang besar di ranah hukum soal hak privasi tiap orang.

loading...


Demikianlah Artikel Inilah 7 Gadget Yang Dapat Mengawasi Kehidupan Manusia di Bumi

Sekianlah artikel Inilah 7 Gadget Yang Dapat Mengawasi Kehidupan Manusia di Bumi kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya. Anda penulis/blogger punya berita menarik silahkan kirim ke kami di : muktiplaza.online@gmail.com tulisan/beritamu akan kami tayangkan di www.serunique.com ini

Anda sekarang membaca artikel Inilah 7 Gadget Yang Dapat Mengawasi Kehidupan Manusia di Bumi dengan alamat link http://www.serunique.com/2017/06/inilah-7-gadget-yang-dapat-mengawasi.html
Bagikan Berita Seru ini Via :
+
0 Komentar untuk "Inilah 7 Gadget Yang Dapat Mengawasi Kehidupan Manusia di Bumi"

Silahkan anda berkomentar dan juga memberikan kritik untuk perbaikan blog ini. Maaf, Komentar yang tidak berhungungan dengan artikel atau hanya pengen beriklan, akan dihapus. Komentar langsung tayang.

 
Template By Kunci Dunia