Berita Unik dan Aneh

Blog Berita Aktual, Unik dan Aneh

5 Ibadah Yang Bernilai Sedekah

Advertisement
loading...
Bersyukur kita jika dikaruniai Allah SWT harta yang cukup sehingga mampu bersedekah sebanyak-banyaknya. Tapi, bagaimana kalau kita kekurangan? Tak perlu risau, ada amalan bernilai sedekah. Berikut lima di antaranya.

Bersedekah termasuk amal istimewa. Apakah hanya mereka yang berharta yang mampu bersedekah? Jawabannya ada dalam hadis ini, yang artinya, dari Abu Dzar Ra, ia berkata, "Sesungguhnya sebagian dari para sahabat Rasulullah Saw berkata pada Nabi Saw, "Wahai Rasulullah, orang-orang kaya lebih banyak mendapat pahala, mereka mengerjakan shalat sebagaimana kami shalat, mereka berpuasa sebagaimana kami berpuasa, dan mereka bersedekah dengan kelebihan harta mereka."

Ilustrasi Shalat Duha ( Foto @Source )

Nabi Saw bersabda, "Bukankah Allah telah menjadikan bagi kamu sesuatu untuk bersedekah? Sesungguhnya tiap-tiap tasbih adalah sedekah, tiap-tiap tahmid adalah sedekah, tiap-tiap tahlil adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, mencegah kemungkaran adalah sedekah dan persetubuhan salah seorang di antara kamu (dengan istrinya) adalah sedekah."

Mereka bertanya, "Wahai Rasulullah, apakah (jika) salah seorang di antara kami memenuhi syahwatnya, ia mendapat pahala?" Rasulullah Saw menjawab, "Tahukah engkau jika seseorang memenuhi syahwatnya pada yang haram, dia berdosa. Demikian pula jika ia memenuhi syahwatnya itu pada yang halal, ia mendapat pahala," (HR Muslim).

Subhanallah, itulah indahnya Islam. Berikut amalan-amalan bernilai sedekah :

1. TASBIH DAN TAHMID

Amalan yang satu ini memang ringan di lidah, tapi berat nilai ibadahnya. Sebagaimana hadis pembuka di atas bahwa Nabi Saw bersabda, "Bukankah Allah telah menjadikan bagi kamu sesuatu untuk bersedekah? Sesungguhnya tiap-tiap tasbih adalah sedekah, tiap-tiap tahmid adalah sedekah, tiap-tiap tahlil adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, mencegah kemungkaran adalah sedekah dan persetubuhan salah seorang di antara kamu (dengan istrinya) adalah sedekah....," (HR Muslim).

Maka, tidak salah jika para ulama kita mengajak untuk senantiasa bertasbih, tahmid, dan bertakbir setiap selesai shalat fardu.

2. SHALAT DUHA

Setiap hari kita bisa bersedekah meski tidak berupa harta. Kok bisa? Itulah Islam, jika kita rajin shalat Duha setiap hari, sama artinya kita sudah bersedekah setiap hari. Rasulullah Saw bersabda: "Diriwayatkan dari Buraidah bahwa ia berkata; Aku telah mendengar Rasulullah Saw bersabda, 'Pada diri manusia terdapat tiga ratus enam puluh tiga ruas. Ia memiliki kewajiban bersedekah atas setiap ruas tersebut.' Para sahabat bertanya, ' Siapakah yang mampu melakukan hal itu, wahai Rasulullah?' Beliau bersabda, 'Ludah di dalam masjid yang ia timbun (dibersihkan) atau sesuatu (penghalang) yang ia singkirkan dari jalanan (bisa mewakili kewajiban sedekah).

Jika engkau belum mampu, dua rakaat shalat Duha sudah memadai untuk mewakili kewajibanmu bersedekah'."
"Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA bahwa ia berkata, 'Kekasihku (Rasulullah) memberikan pesan (wasiat) kepadaku dengan tiga hal yang tidak pernah aku tinggalkan hingga aku meninggal nanti. Yaitu, puasa tiga hari setiap bulan, shalat Duha, dan tidur dalam keadaan sudah mengerjakan shalat witir'," (HR Bukhari).

3. BERJALAN KE MASJID

Subhanallah, berjalan ke masjid saja sudah dinilai sedekah. Tentu saja langkahnya ke masjid untuk shalat, Rasulullah Saw bersabda: "Setiap langkah dari perjalanan kalian menuju shalat bernilai sedekah."

4. JADI IMAM

Kok bisa? Maksudnya, jika kita bersedia menjadi imam shalat bagi orang yang tertinggal shalat berjamaah, berarti kita sudah bersedekah. Dari Abu Sa'id bahwa datang seseorang dan Nabi Saw telah selesai menunaikan shalat, maka ia berkata: "Apakah ada di antara kalian yang ingin bersedekah kepada orang lain, lalu shalat bersamanya."

5. BERGEGAS SHALAT JUMAT

Nah, khusus hari Jumat, kita berkesempatan mendapat pahala sedekah, yakni bersegera atau bergegas ke masjid untuk menjalankan shalat Jumat. Dari Abu Hurairah - Radhiyallahu anhu - bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Barang siapa mandi janabah pada hari Jumat, kemudian pergi pada jam pertama, seolah-olah berkurban seekor unta, barang siapa yang pergi pada jam kedua ia seolah-olah berkurban sapi, barang siapa pergi pada jam ketiga ia seolah-olah berkurban seekor kambing bertanduk, barang siapa pergi pada jam keempat ia seolah-olah berkurban seekor ayam, barang siapa pergi pada jam kelima ia seolah-olah berkurban sebutir telur. Jika Imam sudah keluar - untuk berkhutbah - malaikat datang mendengarkan zikir (khutbah, nasihat dan zikir)," (HR Bukhari).


from Aku Islam http://ift.tt/2wO7yz9
Sumber KLIK Di Sini atau http://www.akuislam.id/
loading...


Demikianlah Artikel 5 Ibadah Yang Bernilai Sedekah

Sekianlah artikel 5 Ibadah Yang Bernilai Sedekah kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya. Anda penulis/blogger punya berita menarik silahkan kirim ke kami di : muktiplaza.online@gmail.com tulisan/beritamu akan kami tayangkan di www.serunique.com ini

Anda sekarang membaca artikel 5 Ibadah Yang Bernilai Sedekah dengan alamat link http://www.serunique.com/2017/09/5-ibadah-yang-bernilai-sedekah.html
Bagikan Berita Seru ini Via :
+
0 Komentar untuk "5 Ibadah Yang Bernilai Sedekah"

Silahkan anda berkomentar dan juga memberikan kritik untuk perbaikan blog ini. Maaf, Komentar yang tidak berhungungan dengan artikel atau hanya pengen beriklan, akan dihapus. Komentar langsung tayang.

 
Template By Kunci Dunia