Berita Unik dan Aneh

Blog Berita Aktual, Unik dan Aneh

Inilah Manfaat Syair Lagu Anak pada Perkembangan Mereka

Advertisement
loading...
Saat malam menjelang dan anak diletakkan di tempat tidur, banyak orang tua menyanyikan syair lagu anak (nursery rhyme) untuk mengantar anak tertidur. Syair lagu anak bukan hanya cara bagus untuk menenangkan anak, tapi juga mengajarkan mereka beberapa hal.
Dr Georgina Nutton, pengajar pendidikan anak usia dini di Charles Darwin University (CDU) mengatakan lagu anak menyediakan susunan bangunan bagi bahasa awal mereka. Menurut dia syair berima pada lagu-lagu seperti This This Old Man, Hey Diddle Diddle, dan Humpty Dumpty mengajarkan pola pada bahasa kepada anak yang akan berkembang seiring pertumbuhan mereka.

"Ketika mereka menginjak (usia) dua atau tiga tahun, Anda mengatakan sesuatu dan anak Anda akan mencetuskan kata berima tak terduga yang menyambung dengan apa yang Anda katakan," kata Dr Nutton.
"Ini hanya manfaat bahasa yang main-main, tapi itu menunjukkan kepada kita kalau anak memahami pola bunyi."
'Seperti mengisi celengan'
Pengajar bidang pendidikan khusus dan patologis wicara Dr Bea Staley mengatakan syair lagu anak memang bukan bagian integral dari perkembangan anak, tapi mereka membantu.
"Anda bisa tidak menggunakan lagu anak, tapi kenapa Anda perlu melakukannya?
"Dari titik pandang bahasa, anak kecil seperti celengan dan Anda terus memasukkan kata-kata. Ketika mereka mulai sekolah, kata-kata itu mulai ditarik seperti uang," ujarnya.
"Semakin banyak kata yang mereka dapat pada fase awal, cenderung semakin baik mereka di sekolah."
Children drawing on blackboard in classroom in rural Qld 
Anak-anak menggambar di papan tulis di sebuah kelas di daerahQueensland. (ABCLocal:BlytheMoore)
Dia mengatakan bentuk pengulangan pada hampir semua syair lagu anak yang mengajarkan pada anak bagaimana bunyi dan kalimat bekerja.
"Sungguh itu adalah salah satu penduga terbaik tentang kemampuan membaca di masa depan ketika anak masuk sekolah," kata dia.
"Dan ketika Anda melihat fenomena anak yang secara ajaib belajar membaca, itu adalah anak-anak yang biasanya memiliki banyak pengalaman dengan hal-hal seperti syair lagu anak, permainan rima, dan permainan bunyi."
Bisakah membuat lirik sendiri?
Berdasarkan cara pandang patologis wicara, Dr Staley mengatakan orang tua yang membuat sendiri lagu dan lirik mendapatkan manfaat tapi mereka harus memperhatikan beberapa hal.
"Lirik lagu anak tradisional sudah memiliki rima dan ketukan, hal yang dibutuhkan anak," kata dia.
"Jika membuat sendiri syair anak, Anda mungkin melewatkan hal itu. Tapi saya pikir itu tetap akan menjadi aktivitas berbahasa yang baik."
Dr Nutton mengatakan berdasarkan perspektif pendidikan usia dini, anak-anak yang sedang berkembang membutuhkan kosa kata yang bertambah dan lagu yang dibuat-buat bisa menawarkan itu.
"Banyak hal menyenangkan dari membuat lagu-lagu konyol dan berima ketika anak semakin besar," kata dia.
"[Tapi] jika Anda menikmati apa yang Anda lakukan dan bersenang-senang dengannya, itulah yang akan mereka pelajari, daripada isi spesifik dari syair atau lagu."
Lagu apa saja bisa

Meskipun syair lagu baik yang tradisional atau buatan sendiri, mungkin baik untuk perkembangan berbahasa dan mengisi celengan kosa kata anak, Dr Nutton mengatakan tidak ada yang salah dari sekadar menyanyi untuk mengantar anak tidur.
Sleeping baby, close up of face and hands 
Bayi sedang tidur. (ABC: KalaLampard)
"Saya tidak akan menyarankan terlalu banyak lagi heavy metal saat menjelang tidur, tapi apa saja yang familiar dengan Anda dengan dan punya sedikit ritme bisa digunakan."
"Ketika bernyanyi, nada suara Anda akan turun sedikit dan Anda akan menggunakan pola ritmis yang bagus. Tapi juga ada tingkatan sefamiliar apa anak Anda dengan suara tertentu dari Anda," katanya.
"Sebelum mereka lahir mereka sudah mendengar suara Anda, jadi hal itu menimbulkan rasa aman dan familiar," jelasnya.
Diterjemahkan Rabu 21 Juni 2017 oleh Alfred Ginting dari ABC News Sumber Detik

Untuk memperdengarkan lagu lagu bagus pada anak anak anda silahkan pelajari sebuah aplikasi lagu anak indonesia di sini.
loading...


Demikianlah Artikel Inilah Manfaat Syair Lagu Anak pada Perkembangan Mereka

Sekianlah artikel Inilah Manfaat Syair Lagu Anak pada Perkembangan Mereka kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya. Anda penulis/blogger punya berita menarik silahkan kirim ke kami di : muktiplaza.online@gmail.com tulisan/beritamu akan kami tayangkan di www.serunique.com ini

Anda sekarang membaca artikel Inilah Manfaat Syair Lagu Anak pada Perkembangan Mereka dengan alamat link http://www.serunique.com/2017/10/inilah-manfaat-syair-lagu-anak-pada.html
Bagikan Berita Seru ini Via :
+
0 Komentar untuk "Inilah Manfaat Syair Lagu Anak pada Perkembangan Mereka"

Silahkan anda berkomentar dan juga memberikan kritik untuk perbaikan blog ini. Maaf, Komentar yang tidak berhungungan dengan artikel atau hanya pengen beriklan, akan dihapus. Komentar langsung tayang.

 
Template By Kunci Dunia